5 hal yang harus Anda ketahui tentang Ramadhan

Muslim di seluruh dunia bersiap untuk bulan suci Ramadhan, yang dimulai untuk sebagian besar negara-negara Arab pada Senin, 6 Mei tahun ini.

Sepanjang liburan, pengamat berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam dan ikut serta dalam pesta malam hari.»TERKAIT: Muslim di Amerika, berdasarkan angka
Berikut lima hal yang perlu diketahui tentang bulan suci Islam:
Apa itu Ramadhan?

Ramadan, bulan kesembilan dari kalender Islam, adalah bulan suci puasa, refleksi spiritual dan doa bagi umat Islam.Hal ini diyakini sebagai bulan di mana Nabi Muhammad mengungkapkan kitab suci – Quran – kepada umat Islam.

Kata “Ramadhan” sendiri diambil dari kata Arab, “ramad,” kata sifat yang menggambarkan sesuatu yang sangat kering atau sangat panas oleh matahari.
Kapan Ramadhan?

Kalender Islam didasarkan pada siklus bulan dan bukan matahari (apa yang digunakan dunia Barat), sehingga tanggalnya bervariasi dari tahun ke tahun.Menurut kalender matahari Gregorian, Ramadhan adalah 10 hingga 12 hari lebih awal setiap tahun.Pada 2019, Ramadhan akan dimulai paling banyak pada hari Senin, 6 Mei dan berlangsung hingga Selasa, 4 Juni.

Tahun lalu, hari pertama Ramadhan di Amerika Serikat adalah 15 Mei, 16 Mei atau 17 Mei, tergantung negara.Untuk menentukan kapan tepatnya bulan suci akan dimulai, negara-negara mayoritas Muslim mencari pengamat bulan lokal, menurut Al Jazeera .

Di beberapa negara, seperti Arab Saudi, kamera inframerah khusus digunakan untuk menangkap bulan baru.Menurut KhaleejTimes.com , pengamat bulan di Arab Saudi tidak melihat bulan pada hari Sabtu dan mengatakan bahwa bulan baru akan lahir pada tanggal 4 Mei pukul 6:47 sore, tetapi mungkin tidak akan terlihat sampai Minggu malam, menandai Senin sebagai hari resmi pertama puasa di Arab Saudi, sebagaimana dicatat dalam kalender Umm al-Qura .

Uni Emirat Arab mengikuti jejak Arab Saudi, dan juga akan memulai Ramadhan pada hari Senin.Al Jazeera melaporkan Amerika Serikat, Eropa, ditambah negara-negara Muslim Qatar, Indonesia, Lebanon, Suriah, Mesir, Maroko, dan Bahrain kemungkinan akan mulai mengamati Senin juga.Bulan lunar berlangsung antara 29 dan 30 hari, tergantung pada penampakan bulan pada malam ke-29 setiap bulan. Jika bulan tidak terlihat, bulan akan bertahan 30 hari.

Apa yang dilakukan umat Islam selama bulan Ramadhan dan mengapa?

Ramadhan dikenal sebagai bulan suci puasa, dengan Muslim tidak makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam.
Puasa selama liburan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam, bersama dengan doa harian, deklarasi iman, amal dan melakukan ziarah haji di Mekah, Arab Saudi.Pada tahun 2018, menurut Al Jazeera, jam puasa di seluruh dunia berkisar antara 10 dan 21 jam.

Puasa dimaksudkan untuk mengingatkan umat Islam tentang penderitaan mereka yang kurang beruntung dan membawa orang-orang beriman lebih dekat kepada Allah (Allah, dalam bahasa Arab). Selama bulan itu, umat Islam juga menjauhkan diri dari kebiasaan seperti merokok, kafein, seks, dan gosip; ini dipandang sebagai cara untuk menyucikan diri secara fisik dan spiritual sambil mempraktikkan pengendalian diri.Seperti apa hari puasa selama Ramadhan:
Baca juga: ponpes Gontor

Umat ​​Muslim memiliki jamuan dini hari yang disebut “sahur.”
Kemudian, mereka berpuasa sepanjang hari hingga matahari terbenam.
Saat matahari terbenam, umat Islam berbuka puasa dengan seteguk air dan beberapa kurma, cara mereka percaya bahwa Nabi Muhammad berbuka puasa lebih dari seribu tahun yang lalu.

Setelah salat matahari terbenam, mereka berkumpul di aula acara, masjid atau di rumah dengan keluarga dan teman-teman di sebuah pesta besar yang disebut “buka puasa.”