Panduan Utama untuk Pemasaran Internet

Penggunaan internet meningkat di seluruh dunia setiap hari – pada kenyataannya, lebih dari empat miliar orang di seluruh dunia menggunakan internet, pada 2018.

Pemasaran, dan selalu, tentang menjangkau pelanggan di tempat mereka berada. Iklan TV, iklan cetak, dan papan iklan semuanya berupaya melakukan hal itu.

Internet menawarkan manfaat unik yang tidak dapat ditawarkan media lain – cakupan jangkauan, opsi untuk mempersonalisasikan konten, dan peluang untuk membangun hubungan yang jauh dengan pelanggan, karena hanya sedikit.
Pelajari cara menjalankan kampanye pemasaran yang lebih berdampak dan terukur.
Tetapi internet bisa menjadi entitas yang luar biasa dan mencakup segalanya, diisi dengan video dan resep serta artikel berita dan situs e-commerce. Di ruang internet yang padat, bagaimana Anda bisa membedakan bisnis Anda untuk menjangkau audiens yang tepat?

Jawabannya adalah pemasaran internet.

Pemasaran internet memanfaatkan saluran digital, termasuk email, media sosial, situs web, dan mesin pencari, untuk menjangkau audiens ideal Anda. Tidak seperti media periklanan yang lebih tradisional, seperti cetak, internet mendorong percakapan dua arah antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, idealnya menciptakan retensi pelanggan jangka panjang yang lebih baik.

Tidak ada cara menghindarinya: pemasaran internet sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda pada tahun 2018. Tetapi dengan semua tipuan dan trik, mungkin sulit untuk membedakan kemenangan jangka pendek dari strategi jangka panjang yang efektif, itulah sebabnya kami telah menciptakan panduan utama. Di sini, kami akan membahas semuanya, mulai dari strategi pemasaran hingga contoh dunia nyata, untuk memastikan bisnis Anda menjangkau orang yang tepat dari empat miliar itu.

Apa itu Internet / Pemasaran Online?
Pemasaran online, juga dikenal sebagai pemasaran internet atau iklan web, adalah bentuk pemasaran yang menggunakan internet untuk mengirimkan pesan promosi kepada pelanggan melalui saluran digital seperti mesin pencari, email, situs web, dan media sosial.

Strategi pemasaran online meliputi desain web, SEO, email, media sosial, PPC, dan metode terkait internet lainnya.

Mari selami dua tujuan terpisah yang akan Anda miliki dengan pemasaran internet, serta metode yang diperlukan yang ingin Anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Pemasaran Internet untuk Menarik Pelanggan Baru
Anda dapat menggunakan strategi pemasaran online untuk menarik pelanggan baru. Untuk melakukan ini, Anda harus fokus terutama pada iklan media sosial, mesin pencari, dan desain web berbayar.

Misalnya, Anda dapat menggunakan Audiens Serupa Facebook untuk mendapatkan pesan Anda di depan audiens yang mirip dengan demografis inti Anda. Atau, Anda bisa membayar influencer media sosial untuk membagikan gambar produk Anda kepada komunitasnya yang sudah mapan. Media sosial berbayar dapat menarik pelanggan baru ke merek atau produk Anda, tetapi Anda ingin melakukan riset pasar dan pengujian A / B sebelum berinvestasi terlalu banyak dalam satu saluran media sosial.

Untuk menarik pelanggan baru, Anda juga perlu mempertahankan keberadaan SEO yang kuat. Dengan 89% pembeli B2B dan 81% pembeli yang menggunakan internet untuk penelitian sebelum membuat keputusan pembelian, sangat penting bahwa bisnis Anda berada di garis depan dalam pencarian kata kunci terkait.

Memiliki kehadiran SEO yang kuat juga berarti lebih banyak pembelian di dalam toko, juga – pada kenyataannya, 78% dari pencarian seluler lokal menghasilkan pembelian offline, dan pencarian lokal menyebabkan setengah dari semua pengguna ponsel mengunjungi toko dalam satu hari.

Akhirnya, sangat penting bagi Anda untuk menghabiskan waktu dan sumber daya pada desain situs web bisnis Anda. Ketika pelanggan yang disebutkan di atas menemukan situs web Anda, mereka mungkin akan merasa takut untuk mempercayai merek Anda dan membeli produk Anda jika mereka menemukan situs Anda membingungkan atau tidak membantu. Karena alasan ini, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk membuat situs web yang ramah pengguna (dan ramah seluler).

Pemasaran Internet untuk Menumbuhkan Loyalis Merek
Pemasaran Internet lebih dari sekadar menarik pelanggan baru – pemasaran juga penting untuk mempertahankan basis pelanggan jangka panjang yang loyal. Dan, karena biayanya lima kali lebih banyak untuk menarik pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, ini adalah tujuan yang sama pentingnya.

Anda akan ingin menggunakan email, blogging, dan taktik media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, memupuk komunitas online yang kuat, dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Pertimbangkan mengirim surel yang dipersonalisasi ke pelanggan masa lalu untuk mengesankan atau menginspirasi mereka – misalnya, Anda dapat mengirim diskon berdasarkan apa yang sebelumnya telah mereka beli, mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka, atau mengingatkan mereka tentang acara mendatang.

Untuk menggunakan kampanye email dengan benar, Anda memerlukan daftar email. Berikut cara membuat daftar email dari awal .

Selain itu, Anda mungkin menggunakan media sosial untuk menunjukkan kepribadian merek Anda dan mendengar langsung dari pelanggan Anda. Pertimbangkan hosting obrolan Twitter, posting survei di Instagram, atau buat kontes menyenangkan di Facebook.