Jelajahi Strategi Pemasaran Internet

Puluhan miliar dolar dihabiskan setiap tahun untuk pemasaran di Internet. Pada tahun 2009, Majalah Forbes melaporkan bahwa $ 65 miliar akan dihabiskan dalam dua belas bulan berikutnya oleh perusahaan-perusahaan Amerika untuk pemasaran online saja.

Sejak itu, jumlah uang yang masuk ke pemasaran online hanya tumbuh dan keuntungan yang dihasilkannya meningkat secara sepadan. Bagi mereka yang tertarik pada pekerjaan di bidang pemasaran, pemahaman menyeluruh tentang bagaimana pemasaran di Internet bekerja merupakan aspek penting dalam mempertahankan karier di bidang tersebut.

Pemasaran internet bukanlah pendekatan tunggal untuk meningkatkan minat dan kesadaran dalam suatu produk. Karena banyaknya platform yang diciptakan oleh Internet, bidang ini mencakup beberapa disiplin ilmu. Ini melibatkan semua hal mulai dari email, hingga Optimasi Mesin Pencari (SEO), hingga desain situs web, dan banyak lagi untuk menjangkau pemirsa yang terus berkembang dan terus bertambah.

Kampanye pemasaran Internet tidak harus komprehensif. Tidak semua kampanye memerlukan buletin email, video viral, atau komponen jejaring sosial, tetapi menemukan keseimbangan yang tepat antara opsi-opsi ini biasanya mengarah pada tingkat keberhasilan yang lebih besar bagi para profesional pemasaran.

Misalnya, kampanye pemasaran Internet yang kuat untuk merilis album baru mungkin terdiri dari situs web tentang album, pembaruan harian oleh artis di halaman jejaring sosial, dan video musik yang dirilis di situs video populer seperti YouTube.

Internet meresap dan di mana-mana. Itu telah berkembang untuk mencakup hampir setiap aspek masyarakat, menambah atau langsung menggantikan metode komunikasi yang lebih tua. Ini berarti bahwa setiap organisasi, dari nirlaba terkecil, hingga perusahaan terbesar, dan bahkan individu, memiliki insentif untuk menciptakan kehadiran online yang kuat.

Perusahaan swasta menggunakan teknik pemasaran Internet untuk menjangkau pelanggan baru dengan memberikan informasi yang mudah diakses tentang produk mereka. Elemen yang paling penting adalah situs web yang menginformasikan audiens tentang perusahaan dan produk-produknya, tetapi banyak perusahaan juga mengintegrasikan elemen-elemen interaktif seperti situs jejaring sosial dan buletin email .

Perusahaan nirlaba dan entitas politik menggunakan pemasaran Internet untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah yang mereka hadapi dan melibatkan individu dalam kampanye mereka. Mereka sangat menyukai platform jejaring sosial karena mereka lebih pribadi daripada situs web dan mereka mudah dibagikan, sehingga meningkatkan efek “viral” dari mulut ke mulut yang begitu lazim di media online.

Individu menemukan Internet sebagai cara yang mudah dan hemat biaya untuk mempromosikan diri mereka sebagai profesional, pemain, seniman, dan banyak lagi. Biaya kampanye pemasaran Internet kecil dibandingkan dengan metode yang lebih tradisional, dan memiliki potensi untuk menjangkau khalayak yang sangat besar.

Penggunaan internet di seluruh dunia, terutama di negara-negara terkaya, terus meningkat selama dekade terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Menurut sebuah laporan oleh perusahaan investasi tren internet Kleiner Perkins Caulfield & Byers , 245 juta orang di Amerika Serikat online pada 2011, dan 15 juta orang terhubung untuk pertama kalinya tahun itu. Ketika penggunaan Internet tumbuh, perdagangan online tumbuh bersamanya. Ini berarti bahwa semakin banyak orang menggunakan Internet setiap tahun, dan cukup banyak dari mereka yang menghabiskan uang secara online untuk mempengaruhi perekonomian secara signifikan. (Lihat juga Pemasaran E-Commerce )

Audiens untuk pemasaran Internet bukan kelompok niche, dan belum pernah selama beberapa tahun. Tidak ada demografis “Internet” yang akan dicoba dicapai perusahaan dengan kampanye pemasaran online. Saat ini, jumlah dan variasi orang yang menghabiskan waktu online dan mau menghabiskan uang secara online terus bertambah.